Jumat, 25 Desember 2009

Facebook : Seberapa Bahayakah?


Dibalik manfaat dan keunggulannya, seperti layaknya pisau bermata dua, facebook juga mengandung bahaya. Anda bisa tertawa bahagia mungkin , jika menemulan sohib lama di SMP dahulu lewat situs jejaring sosial itu. Anda pun bisa meringis atau bahkan mungkin menangis atas ulah anda di account facebook anda.Cobalah anda iseng mengetikan “bahaya facebook” di kolom searching-nya mbah google dan anda akan menemukan sekitar 4.000-an hasil telusur. Dari sekian banyak artikel tentang bahaya facebook yang sudah saya buka dan baca, banyak diantaranya yang memang copy-paste dari web atau blog lain. Tapi ya tetap saja menjadikan sebuah pertanyaan dan tanda tanya, benarkah facebook berbahaya dan seberapa besar bahayanya? Serta perlukah menutup account kita di facebook?

Beberapa contoh di artikel yang saya baca tersebut yang menurut saya masuk akal mengenai bahaya facebook yang mengacu kepada tulisan, foto dan video yang kita pasang di facebook. Kenapa? Karena hal itu dapat menjadi bumerang buat diri kita sendiri. Foto kita yang sedang merokok, memegang botol bir, berpelukan mesra dengan pacar atau mantan pacar, berjalan di pantai dengan bikini yang super sexy, dan foto-foto konyol lain. Juga mungkin ada teman kita yang meg-upload foto kita saat sedang marah, teler atau bahkan sedang ngiler. Bisa saja dia tidak sengaja atau sekedar lucu-lucuan. Tapi bisa berakibat fatal di kemudian hari.


Bisa saja anda bilang belum punya pacar pada pacar baru anda, akan tetapi pacar anda melihat foto-foto lama anda di facebook dan menemukan anda sedang bermesraan, bergandengan, berpelukan dengan mantan pacar-pacar anda terdahulu. Jika anda melamar pekerjaan, dan perusahaan hanya menerima karyawan yang tidak merokok, anda akan kena batunya jika memasang foto anda yang sedang “berudud ria”. Harus diingat, hari gini para manager HRD sangat getol menelisik latar belakang kehidupan calon karyawan baru melalui account facebook sang pelamar. Foto, video dan tulisan anda akan menggambarkan kepribadian anda. So, tanpa wawancara yang memakan waktu dan penuh basa-basi itu, para manajer sudah dapat mengetahui personality anda. Foto dan video memang membanggakan, karena dapat memuaskan nafsu egoisme dan narsisisme kita. Akan tetapi foto dan video juga dapat menelanjangi dan membuka borok masa lalu kita. Foto dan video (juga tulisan) adalah sejarah hidup anda. Dan terkadang ada sejarah hidup kita yang tidak ingin semua orang tahu bukan? Atau bahkan ada sejarah hidup anda yang ingin anda lupakan atau anda hapus.
Harus diingat, foto kita yang sudah dipajang di facebook, bisa diakses oleh siapa saja, bahkan oleh orang asing yang tidak kita kenal sekalipun dan berada di benua lain atau pun di negara antah berantah sana. Foto kita bisa di copy, di save as, diapa-apain dan diobok-obok dengan program pengolah foto semisal photoshop. Anda tahu kan maksudnya? Suka menulis panjang lebar dan ngegosip di facebook? Apa yang anda ditulis pun tidak kalah berbahaya jika anda menulis hal-hal yang bersifat sensitif. Saat saya menulis artikel ini, kasus Luna Maya vs intertainment sedang ramai-ramainya hanya karena artis bermata indah itu menuliskan pandangan pribadinya di account twitter-nya.
So, bijaksanalah dalam memasang foto dan tulisan di dunia yang sangat terbuka ini. Mereka bisa tersebar lebih cepat dari apa yang anda duga. Pasanglah foto yang baik-baik, dan jangan berlebihan. Mungkin yang paling banyak melihat foto yang anda pajang di facebook adalah anda sendiri.


Dari sisi produktifitas pun jika anda tidak bijaksana menggunakan waktu anda, anda akan menyia-nyiakan hidup anda di depan PC, warnet, laptop, blackberry ataupun hape anda. Jika anda merasa bahwa hidup anda serasa hilang jika anda tidak membuka account facebook anda barang sehari, berarti anda sudah memasuki dangerous zone.
Jangan sia-siakan waktu produktif anda dengan menunggu-nunggu komentar teman-teman terhadap foto yang anda pajang, atau sibuk memilih teman yang bisa diajak chating hingga larut malam. Ingat, anda masih punya keluarga, pekerjaan, kewajiban, dan banyak hal lain yang menunggu tindakan dan sentuhan realistis anda.
Mencari jodoh di facebook? Jika anda masih jomblo dan berharap mencari jodoh lewat facebook ataupun situs jejaring lainnya, anda kudu extra hati-hati. Jangan cepat percaya dengan foto, video, ucapan dan janji manis para serigala cinta di dunia maya ini. Internet bak hutan rimba dengan beragam penghuni. Yang kiyut ada, yang the beast juga ada. Anda tidak akan pernah tahu anda akan menemukan kucing angora atau serigala dan buaya. Anda juga tidak akan pernah tahu, akan menemukan cinta sejati, cinta sesaat atau cinta melarat! Jangan terbuai oleh janji manis dan kata-kata mesra. Jika hanya sekedar kata-kata mesra, saya bisa membuatkannya untuk anda sekarang juga kok………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar