Minggu, 27 Desember 2009

Ayo Ngeblog!



Awal mula saya memiliki blog adalah sekedar ingin menuliskan pengalaman saya bersama komunitas motor saya, HTML (Honda Tiger Mailing List) Bogor. Banyak pengalaman menarik di dalam komunitas itu, baik sekedar brotherhood-nya, turing ataupun aktivitas sosial yang lain. Terakhir kita menjalin hubungan baik dengan POPTI (Persatuan Orangtua Penderita Thalasemia) cabang Bogor. Sepertinya memiliki sebuah blog menjadi sarana saya untuk menumpahkan bakat alam saya, mengarang. Saya memang “agak” jago mengarang sejak SD. Sengaja saya kasih kata “agak” biar nggak terlalu kelihatan banget jagonya he.. he.. Saya masih ingat, nilai pelajaran Bahasa Indonesia saya selalu bagus, ya paling kecil 80 lah…

Semalam, sambil menunggu kantuk, saya iseng browsing menggunakan hape abadi kebanggaan saya Nokia 3230. Di internet, ternyata banyak sekali artikel mengenai manfaat blog. Dari yang bersifat finansial atau bisnis, pengetahuan hingga manfaat yang bersifat psikologis. Buat saya, poin terakhirlah sepertinya yang pas buat keadaan saya saat ini. Secara psikologis saya memang terpuaskan, karena dengan memiliki blog saya bebas menuliskan apa saja yang ada dalam otak saya. Seperti dalam tagline blog saya, pengalaman dalam hidup saya sebagai seorang guru, seorang ayah dan seorang penunggang fanatik honda tiger merupakan pengalaman yang menarik (menurut saya). Menarik karena jika diolah dalam kalimat bisa menjadi bahan bacaan, bahan renungan dan bahan dokumentasi. Saya belum berharap banyak pada kunjungan pengguna internet terhadap blog saya ini, wong yang paling banyak membuka blog saya ya saya sendiri he.. he… selebihnya ya satu dua teman-teman guru ataupun teman-teman HTML.
Punya blog memang berkesempatan menangguk untung. Buat saya hal itu juga masih di awang-awang, lah wong artikelnya ya cuma curhat-an semua. Kalau share pengetahuan? Mungkin nanti. Gini-gini kan saya guru merangkap kepala sekolah yang berpotensi mendidik generasi muda. Guru kan sumber ilmu, bak pelita dalam gelap gulita! Yang menarik, dalam browsing semalam saya, saya menemukan statement bahwa blog sangat bermanfaat sebagai sarana pelampiasan emosi kejiwaan alias curhat. Sepertinya memang masuk akal. Dari pada emosi dan uneg-uneg dilampiaskan dalam bentuk fisik yang destruktif kan lebih aman dilampiaskan lewat blog. Bisa menggunakan bahasa yang santun dan tidak menyinggung pihak lain, bisa juga menggunakan bahasa yang meledak-ledak dan memerahkan telinga. Cuma ya itu, resiko ditangan pemilik blog kan? Kan yang penting emosi terlampiaskan. Buat yang nggak emosian dan hidupnya lempeng-lempeng saja, blog paling tidak menjadi sarana penulisan pengalaman hidup anda (seperti saya ini).


O ya, para ahli bilang dengan menulis atau mengarang akan membuat otak anda tetap fresh dan terjaga kesehatannya. Memiliki blog ibarat mempunyai perusahaan koran atau majalah sendiri. Kita menjadi penulis sekaligus wartawannya, editornya dan kita juga penerbitnya. Semuanya instan, langsung dan tidak pakai tanggal terbit. Begitu kita selesai menulis artikel blog kita, langsung bisa terbit dan bisa dibaca oleh orang diseluruh dunia! Meski pada jam 12 malam sekalipun. Cuma ya itu, isi blog anda adalah cerminan hidup anda. Mau baik atau buruk semuanya tergantung anda.

Apakah tulisan saya ini juga berarti ajakan untuk membuat blog? Bisa saja. Karena kalau kita bandingkan dengan fenomena facebook, friendster, twitter dan situs jejaring sosial lainnya, blog banyak mempunyai kelebihan. Yang jelas sama-sama gratis, bisa jadi ajang promosi, media online, tempat pasang iklan, tempat ide tertuang, tempat sharing pengetahuan, tempat curhat-curhatan dan tempat sosialosasi. Dan jangan khawatir, di blog anda tetap bisa narsis dengan memajang foto-foto anda kok. Dan selayaknya facebook dan konco-konconya, blog tetap bagaikan pisau bermata dua. Semuanya tergantung apa yang anda pasang dan anda tulis di blog. Maka anda akan mendapat manfaatnya atau mudlaratnya.
Cuma disini saya tidak akan mengajarkan anda membuat blog. Anda bisa mendapatkan pengetahuan membuat, mengisi dan memperindah blog anda di internet. Ada banyak situs, website dan blog yang bisa mengajarkannya untuk anda. Ada banyak situs juga yang mempersilahkan anda membuat blog anda. Gratis kok. Nah, berminat membuat blog?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar